Monday, June 05, 2006

My Profile

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) adalah organisasi lingkungan hidup yang independen, non-profit dan terbesar di Indonesia.
WALHI hadir di 26 propinsi dengan 436 organisasi anggota dan anggota individu
WALHI merupakan forum kelompok masyarakat sipil yang terdiri dari organisasi non-pemerintah (Ornop/NGO), Kelompok Pecinta Alam (KPA) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang didirikan pada tanggal 15 Oktober 1980 sebagai reaksi dan keprihatinan atas ketidakadilan dalam pengelolaan sumberdaya alam dan sumber-sumber kehidupan, sebagai akibat dari paradigma dan proses pembangunan yang tidak memihak keberlanjutan dan keadilan.
WALHI melakukan kampanye internasional bersama berbagai jaringan internasional lainnya yang memiliki keprihatinan yang sama terhadap ketidakadilan lingkungan hidup. Salah satunya dengan menjadi anggota Friends of the Earth International (FoEI) – federasi lingkungan hidup sedunia dengan 71 organisasi anggota di 70 negara, dan memiliki lebih dari satu juta anggota individu.
Dalam mempreoleh dana dukungan kegiatan advokasi yang dilakuakan, Walhi menggalang dana dukungan publik, selain itu Walhi tidak menerima dana dari pemerintah, perusahaan perusak lingkungan dan tidak menerima dana utang serta lembaga-lembaga donor imperealis.
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Kaliamantan Tengah adalah salah astu forum atau jaringan NGO (non Government Organisation ) yang peduli terhadap isu-isu lingkungan hidup di Kalimantan Tengah
Hingga saat ini jumlah anggota Walhi Kalimantan Tengah ada sebanyak 8 ( delapan) lembaga Ornaop yang ada di 3 Kabupaten / kota [kapuas, murung raya dan kota Palangkaraya ]. Fokus area yang menjadi basis advokasi darai Walhi Kaliamntan Tengah dan anggotanya mencakup 8 Kabupaten / kota yaitu : Kabupaten Murung Raya, Kapuas, Barito Selatan, Pulang Pisau, Katingan, Kotawaringin Barat, Seruyan dan Kota Palangkaraya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home